Jumat, 11 Maret 2011

ASI, terbaik untuk Bayi dan Bunda

Tak perlu diragukan lagi ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Tidak hanya itu, pemberian ASI juga ternyata menyimpan banyak manfaat bagi bunda. 

Salah satunya, dengan menyusui dapat membuat bunda menjadi LANGSING ^^
Kenapa bisa begitu ya? inilah penjelasannya dari para ahli.

Aktivitas menyusui membantu uterus Bunda berkontraksi dan kembali ke ukuran normal serta mempercepat pengeluaran darah. Dengan begitu, masa nifas sang Bunda menjadi singkat.

Menurut ahli gizi, salah satu bonus yang diperoleh Bunda yang sedang menyusui adalah Bunda dapat mengembalikan bentuk tubuh hingga seperti semula secara alamiah. Hal ini disebabkan ketika proses produksi air susu berlangsung dibutuhkan banyak energi.

Diet pada saat menyusui dengan hanya makan dua kali sehari sebenarnya bisa menimbulkan persoalan. Kehilangan berat badan secara drastis atau diet yang keras sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Mengonsumsi makanan ringan berukuran sedang sebanyak tiga kali mungkin lebih baik dan lebih membantu meningkatkan metabolisme. Hal ini selain bisa menurunkan berat badan dengan lebih mudah, juga mencegah timbulnya rasa perih di perut karena lapar.

Hal lain yang terbaik bagi Bunda yang baru melahirkan adalah mengikuti berat badan yang bertambah semasa hamil dan menurunkan secara bertahap setelah bersalin. Bunda yang baru melahirkan akan kehilangan sekitar enam kilogram dari berat tubuhnya secara langsung.

Dan begitu, peranakan kembali ke dalam ukuran semula, berat badannya akan berkurang lagi sekitar 2-3 kilogram. Beri kesempatan sektiar enam bulan untuk mengembalikan bentuk tubuh. Dan, setelah itu, usahakan untuk menurunkan berat badan sekitar setengah kilogram setiap minggunya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar